PROGRAM BEASISWA S2 DALAM DAN LUAR NEGERI KEMENTERIAN KOMINFO TA 2022

26 Maret 2022 Loker Subang
PROGRAM BEASISWA S2 DALAM DAN LUAR NEGERI KEMENTERIAN KOMINFO TA 2022

Tentang Beasiswa S2 Dalam Negerii dan Luar Negeri

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia kembali membuka Program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri Tahun 2022.

Program ini merupakan salah satu wujud komitmen Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri dibuka untuk mendukung program prioritas percepatan Transformasi Digitalisasi Nasional yang meliputi 4 (empat) sektor strategis, yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

Program Beasiswa ini terbuka bagi aparatur pemerintah pusat dan daerah termasuk anggota TNI dan POLRI serta Masyarakat Umum dari instansi swasta yang memiliki latar belakang pekerjaan di sektor TIK atau pelaku start-up lokal.

Sebagai bentuk kebijakan di masa pandemi COVID-19, metode pembelajaran Program Beasiswa S2 Dalam Negeri mengikuti kebijakan pemerintah dan perguruan tinggi. Dalam hal kebijakan perguruan tinggi menggunakan metode pembelajaran distance learning/ daring, penerima Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri akan mengikuti proses pembelajaran di kota domisili masing-masing atau sesuai ketentuan yang diberlakukan.

Sedangkan pemberangkatan penerima Beasiswa S2 Luar Negeri akan mempertimbangkan kondisi perkembangan pandemi dan kebijakan  imigrasi dari pemerintah negara tujuan studi.

Program Beasiswa Dalam Negeri

Program Beasiswa S2 Dalam Negeri telah dilaksanakan sejak tahun 2007 dengan awal program fokus pada pemberian beasiswa bidang informatika dengan tujuan program studi Chief Information Officer/Tata Kelola TIK .

Program Beasiswa Bidang Informatika ini bertujuan untuk menciptakan pejabat pelaksana tata kelola Teknologi Informasi dan  Komunikasi dan Keamanan Informasi untuk mendorong implementasi e-government dan mendukung tata pemerintahan yang baik (good governance).

Dengan diundangkannya  UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, kebutuhan Government Public Relations (GPR) di instansi pemerintah pusat dan daerah/TNI/POLRI meningkat dan mendorong dibukanya Program Beasiswa S2 Ilmu Komunikasi. 

Seiring kebutuhan sumber daya manusia GPR dan tata kelola TIK di sektor swasta, Program Beasiswa Kominfo juga dibuka untuk masyarakat umum yang berlatar belakang pekerjaan di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi atau pelaku rintisan lokal.

Cara Pendaftaran Beasiswa Dalam Negeri

1. Tipe Beasiswa
Pilih Beasiswa Dalam Negeri atau Beasiswa Luar Negeri. Klik tombol ‘Daftar Beasiswa’ untuk melanjutkan proses pendaftaran.

2. Proses Pendaftaran
Pilih dan isi pendidikan terakhir, program beasiswa, kategori beasiswa, universitas dan program studi tujuan yang Anda inginkan.

3. Isi Data Diri
Lengkapi data pribadi dan pekerjaan, pendidikan terakhir, alamat lengkap, sosial media, dan berkas-berkas yang diperlukan.

4. Daftar Beasiswa
Cek kembali data yang telah Anda isi.

Syarat Pendaftaran

Persyaratan Umum Program Beasiswa S2 Dalam Negeri:

  • Masa kerja minimum 2 tahun;
  • Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2 dari lembaga lain;
  • Persyaratan lainnya mengikuti persyaratan masing-masing Perguruan Tinggi yang dipilih;
  • Pendaftar beasiswa hanya diperkenankan untuk mendaftar pada kelas reguler; dan
  • Outline rencana tugas akhir maksimal 1 halaman (judul, tujuan dan manfaat yang sesuai dengan program Transformasi Digitalisasi Nasional)k mendaftar pada kelas regular.

Mitra Beasiswa Dalam Negeri

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Gajah Mada
  3. Universitas Andalas
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  5. Universitas Airlangga
  6. Universitas Hasanuddin
  7. Universitas Indonesia
  8. Universitas Negeri Sebelas Maret
  9. Universitas Sumatra Utara

 

Program Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian Komunikasi dan Informatika TA 2022 kembali dibuka bagi ASN/Anggota TNI/POLRI dan masyarakat umum yang berminat untuk melanjutkan studi Magister di bidang studi terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pelamar dapat mendaftar dengan 5 (lima) pilihan Negara tujuan studi, yaitu Tiongkok, India, Hungaria, Belanda dan Jepang dengan daftar Universitas terlampir.

Pendaftaran untuk program beasiswa S2 Luar Negeri dibuka hingga tanggal 31 Maret 2022 untuk 5 (lima) Negara tujuan studi dengan mendaftar pada website beasiswa Kominfo. Calon pendaftar agar memperhatikan batas waktu pendaftaran ke Kementerian Kominfo serta perguruan tinggi yang dituju.

Cara Pendaftaran Beasiswa Luar Negeri

1.Tipe Beasiswa
Pilih Beasiswa Dalam Negeri atau Beasiswa Luar Negeri. Klik tombol ‘Daftar Beasiswa’ untuk melanjutkan proses pendaftaran.

2. Data Diri dan Beasiswa
Lengkapi data pribadi hingga data pekerjaan, isi latar belakang pendidikan terakhir, dan pilih kategori beasiswa yang Anda inginkan.

3. Unggah Berkas
Siapkan berkas-berkas yang diperlukan sesuai dengan persyaratan.

4. Daftar Beasiswa
Cek kembali data yang telah Anda isi. Anda dapat mendaftar Beasiswa Luar Negeri lebih dari 1 (satu) kali.

Syarat Pendaftaran

Republik Rakyat Tiongkok – Tsinghua University

  1. Pelamar beasiswa wajib mendaftar dan mengikuti tahap seleksi beasiswa ke Kementerian Kominfo terlebih dahulu, bersamaan dengan menyiapkan berkas persyaratan khusus perguruan tinggi.
  2. Persyaratan khusus, dokumen yang harus diunggah dan sistem aplikasi daring Tsinghua dapat dilihat pada laman (https://yz.tsinghua.edu.cn/en/Admissions/How_to_Apply.htm).
  3. Biaya pendaftaran akan ditanggung oleh Kementerian Kominfo bagi pendaftar yang telah dinyatakan menjadi penerima beasiswa Kementerian Kominfo Tahun 2022.

India – International Institute of Information Technology Bangalore

Pelamar wajib mengikuti tes daring yang diselenggarakan oleh IIITB dan akan difasilitasi oleh Kementerian Kominfo pada pertengahan bulan Mei 2022 (Jadwal akan diinformasikan kemudian) dengan ragam tes sebagai berikut:

  1. Kemampuan Bahasa Inggris;
  2. Kompetensi umum (sejenis TPA); dan
  3. Wawancara daring dengan Admissions Team IIITB.

Hungaria – Eötvös Loránd University

Pelamar beasiswa wajib mendaftar ke perguruan tinggi secara mandiri untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) bersamaan dengan pendaftaran beasiswa ke Kementerian Kominfo. Batas waktu pendaftaran ke Eötvös Loránd University pada tanggal 30 April 2022.

Belanda – University of Twente

Pelamar beasiswa wajib mendaftar ke perguruan tinggi secara mandiri untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) bersamaan dengan pendaftaran beasiswa ke Kementerian Kominfo. Batas waktu pendaftaran ke Twente University pada tanggal 1 Mei 2022.

Jepang – UEC (The University of Electro Communications)

Pelamar beasiswa wajib mendaftar dan mengikuti tahap seleksi beasiswa ke Kementerian Kominfo terlebih dahulu, bersamaan dengan menyiapkan berkas persyaratan khusus perguruan tinggi.

Mitra Universitas

  1. UEC (The University of Electro-Communications)
  2. University of Twente
  3. Eotvos-Lorand University (ELTE)
  4. Tsinghua University 
  5. International Institute of Information Technology Bangalore (IIIT-B)

 

Silahkan Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri dan Luar Negeri Melalui Link Berikut :

Beasiswa S2 Kemkominfo 

 

lokersubang.com
LOKER SUBANG
Berbagi informasi lowongan pekerjaan subang dan sekitarnya.